Jumat, 14 Maret 2008

Arak Bali

MINUMAN BALI BERALKOHOL
A R A K BALI
Arak adalah sejenis minuman yang mengandung alkohol (etil alkohol) yang telah dikenal di Indonesia sejak zaman dahulu kala. Arak pada umumnya dibuat dari tuak kelapa dengan cara destilasi (penyulingan). Arak dapat juga dibuat dari beras atau beras ketan melalui proses pentapean, selanjutnya diperas. Cairannya difermentasikan dan terus didestilasi. Minuman arak sudah dikenal diseluruh daerah di Bali, karena arak ini sebagai satu jenis minuman yang digunakan sebagai sajian (tabuh) bersama-sama dengan brem dan tuak pada upacara adat dan keagamaan. Minuman arak apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan dipercaya berkhasiat bagi orang tua dan dewasa untuk menghangatkan badan, menghilangkan rasa mual dan pengobatan tradisional lainnya.
BAHAN :
Tuak kelapa
CARA PEMBUATAN :
1.Tuak kelapa yang telah mengalami fermentasi secara alami disuling dengan peralatan yang sangat sederhana.
2.Hasil sulingan ini disebut arak.
3.Peralatan yang digunakan terdiri dari dandang sebagai tempat tuak dan kekeb sebagai penutup dandang agar selama pemanasan tidak ada uap yang keluar.
4.Talang bambu sebagai penyalur uap dan guci sebagai penampung uap yang telah mengembun yang selanjutnya disebut arak. Arak mengandung alkohol kurang lebih 28 persen kalau bahan tuaknya bagus.

Tidak ada komentar: