Jumat, 14 Maret 2008

Brem Bali

B R E M
Brem adalah salah satu jenis minuman khas daerah bali yang dibuat dari beras ketan atau beras ketan hitam atau campuran kedua jenis beras ketan tersebut yang difermentasikan dengan ragi tape. Secara tradisional terutama ditingkat rumah tangga di masyarakat Bali, minuman brem ini merupakan hasil sampingan dari proses pembuatan tape, karena produk tape inilah yang utama dimanfaatkan sebagai sajian dan dimakan. Brem ini di daerah Bali khususnya bagi masyarakat yang beragama Hindhu, tidak bisa dilepas keberadaannya karena merupakan salah satu sarana yang mesti ada dalam pelaksanaan upacara agama dan upacara adat sebagai tabuhan bersama-sama dengan minuman arak.
BAHAN :
1.Beras ketan 1000 g
2.Beras ketan hitam 1000 g
3.Ragi tape secukupnya
CARA PEMBUATAN :
1.Kedua jenis beras ketan yaitu beras ketan dan beras ketan hitam dicampur jadi satu terus direndam selama satu malam.
2.Selanjutnya ditiriskan, terus dikukus sampai matang (menjadi nasi) Nasi ketan didinginkan pada suatu ruang.
3.Setelah dingin nasi ketan diberi ragi yang telah dihaluskan sebanyak 3 gram per kg beras ketan, dicampur merata, kemudian dibungkus dengan plastik ataupun dengan daun pisang. 4.Bungkusan itu selanjutnya didiamkan (difermentasikan) selama 3-5 hari sampai terbentuk tape.
5.Selanjutnya tape itu dipres untuk mendapatkan cairannya, sedang ampasnya dibuang. 6.Cairan tape didiamkan selama satu malam, setelah itu dipasteurisasi (dengan cara direbus pada suhu di bawah titik didih) selama waktu tertentu,didinginkan, kemudian ditambahkan ragi (khamir), terus disimpan selama 6 bulan.
7.Setelah disimpan 6 bulan baru siap untuk diminum dan dapat dikonsumsi atau dibotolkan.

Tidak ada komentar: