Kamis, 13 Maret 2008

Jaje Bendu

JAJE BENDU
Jaje bendu merupakan jenis jajan yang biasa digunakan untuk upacara perkawinan. Kue jenis ini sudah tersebar di seluruh Bali, dibuat selain digunakan untuk keperluan upacara keagamaan (sebagai sajian) juga dibuat untuk dijual. Kue ini tidak tahan lama, paling lama tahan selama satu hari. Sebagai hidangan, kue ini banyak dikonsumsi sebagai teman minum Kopi Bubuk Gapura cap Candimas.
BAHAN :
1.Beras ketan 1000 g
2.Kelapa 2 butir
3.Gula merah 1000 g
4.Air daun kembang sepatu 1 gelas
CARA PEMBUATAN :
Jajan bendu terdiri dari dua bagian yaitu bagian luar yang terbuat dari tepung ketan, dan bagian dalam yang terbuat dari kelapa parut dicampur gula yang disebut `unti`.
Pembuatan bagian luar sebagai berikut : Tepung ketan ditambahkan sedikit demi sedikit dengan air daun kembang sepatu dan diulen sampai lembut. Kemudian dibuat lapisan tipis di atas kuali dan dipanaskan (disangrai).
Sementara itu dibuat unti dengan cara sebagai berikut : Kelapa parut dicampur dengan gula merah cair yang masih panas dan ditambahkan garam. Campuran itu selanjutnya diaduk merata. Setelah diaduk merata diperoleh unti dan siap ditaruh di bagaian dalam dari jajan bendu. Proses selanjutnya adalah ke dalam lapisan tipis tepung ketan tadi ditambahkan unti, selanjutnya digulung satu sampai dua lapis, sehingga terbentuk jajan bendu yang siap untuk disajikan.

Tidak ada komentar: