Jumat, 14 Maret 2008

Gayatri Mantram

KESAKTIAN DAN KEAMPUHAN MANTRAM GAYATRI

Om
Bhur Bhuva Svaha
Tat Savitur Warenyam
Bhargo Devasya Dhiimahi
Dhi Yo Yonah Prachodayat

Mantra yang utama dan paling ampuh kesaktiannya dari segala mantra sakti adalah mantra Gayatri yang agung dan mulia. Mantra Gayatri merupakan kehidupan dan penopang setiap pencari kebenaran yang percaya pada keampuhan,kesaktian, serta kemuliaannya, apapun agama, kepercayaan, atau bangsa orang yang bersangkutan. Hanya keyakinan dan kemurnian hati yang diharapkan.

Sesungguhnya Gayatri dapat diibaratkan dengan baju baja spiritual yang tidak terkalahkan, kubu pertahanan sejati yang menjaga dan melindungi orang yang mengucapkannya, mengubahnya menjadi orang yang bersifat ketuhanan, dan memberkatinya dengan cahaya cemerlang penerangan spiritual tertinggi.

Japa atau pengulang-ulangan mantra Gayatri beberapa mala setiap hari (satu mala terdiri dari pengulang-ulangan mantra Gayatri 108 kali) akan menguntungkan bagimu di dunia maupun akhirat. Kelirulah jika orang beranggapan bahwa mantra Gayatri hanya diperuntukkan bagi golongan brahmin ortodoks. Mantra ini dapat diucapkan oleh segenap manusia di seluruh dunia karena tidak lain hanyalah doa yang tulus kepada Tuhan Yang Mahakuasa dan Mahatinggi untuk memohon penerangan (akal budi). Sesungguhnya doa ini merupakan satu-satunya cahaya transedental yang membimbing umat manusia.

Matahari yang disebut oleh mantra Gayatri adalah Tat Savitur 'Surya Mahaagung' yang tidak dapat diterangi oleh matahari dan bulan kita ini. Surya itu adalah Brahman Yang Mahamutlak dan impersonal. Karena itu, dari segala mantra, Gayatri merupakan yang terhebat dan dewa penguasanya adalah Para Brahman, Tuhan Yang Mahatinggi. Meskipun demikian, doa ini dapat diterima oleh segala jenis peminat kehidupan rohani. Kecemerlangan Brahmacari, kemakmuran grihastha, dan kekuatan serta penghiburan kaum vaanaprastha terletak pada japa Gayatri yang dilakukannya.

Walaupun kepercayaan Anda yang terkasih ! sadarilah keampuhan Gayatri yang mulia dan menakjubkan. Sadari dengan jelas betapa berharga mantra pusaka yang kalian miliki ini. Jangan Anda abaikan kekuatan Tuhan yang telah diwariskan para resi purwakala kepada kita. Mulailah kekuatan japa Gayatri secara teratur setiap hari dan rasakan sendiri kekuatan menakjubkan yang anda peroleh dari doa itu. Tentukan waktu khusus untuk japa dan patuhi disiplin itu seterusnya.

Setidak-tidaknya Anda harus melakukan japa satu mala tanpa henti setiap hari. Ini akan melindungi Anda dari segala bahaya, memberikan Anda kekuatan yang tidak terhingga untuk mengatasi segala rintangan, dan membawa Anda ke puncak kecemerlangan, kekuasaan, kedamaian dan kebahagiaan.

Tuhan berkata dalam Weda, "Samana mantraha", ' Biarlah satu mantra (diucapkan oleh) semuanya' dan mantra itu adalah Gayatri. Pengetahuan rahasia dalam berbagai Upanishad intisari keempat Weda, sedangkan mantra Gayatri dengan ketiga vyahritinya (bhur, bhuva, svaha ) merupakan intisari Upanishad.

Gayatri merupaka ibu Weda dan penghancur segala dosa. Di bumi ini tidak ada yang lebih menyucikan daripada mantra Gayatri. Japa Gayatri memberikan hasil yang sama dengan pengidungan semua Weda beserta angganya. Mantra yang satu ini, bila diulang-ulang dengan tulus, sungguh-sungguh, dan hati yang bersih, membawa kebaikan tertinggi yaitu pembebasan dari lingkaran kelahiran dan kematian.

Gayatri merupaka ibu segala mantra Weda. Orang yang mengucapkan Gayatri dengan penuh kasih dan bakti akan terlindung. Gaayantam traayate yasmaat Gayatri tyabhidhiyate. Bila brahmin menjaga agar api mantra selalu menyala di dalam dirinya, seluruh dunia akan sejahtera.

Ia harus dapat menolong orang-orang yang berada dalam kesulitan dengan kesaktian mantranya. Hidupnya sungguh sia-sia jika ia menolak orang yang datang memohon pertolongannya dengan dalih, "Saya melakukan hal yang sama dengan Anda. Saya hanya memiliki kemampuan seperti yang Anda miliki."

Dewasa ini api kekuatan mantra telah padam, ataupun mungkin seperti bara yang hampir padam. tetapi mungkin percikan api lama masih memancarkan cahaya yang suram. Harus diusahakan agar bara ini bersinar lebih terang hingga suatu hari kelak ia dapat menyala berkobar-kobar.

Percikan ini adalah mantra Gayatri yang telah diwariskan kepada kita sejak berabad-abad yang lampau. Setidak-tidaknya pada hari Minggu, semua yang mengenakan benang suci harus melakukan japa Gayatri seribu kali. Mereka harus berusaha dengan sungguh-sungguh agar tubuh mereka murni, layak, dan sehat, sehingga dapat menyerap kekuatan mantra.

Mantra Gayatri mengandung jiwa dan energi semua mantra Weda. Sesungguhnya mantra Gayatrilah yang memberi kekuatan pada mantra lainnya. Tanpa japa Gayatri, pengidungan semua mantra lain akan sia-sia. Hanya dengan mengulang-ulang mantra Gayatri secara intensif kita dapat memperoleh keahlian dalam mantra-mantra Weda.

Gayatri penting untuk sejati dan japa mantra ini tidak boleh dihentikan kapan pun. Manfaat yang kita peroleh dari mantra Gayatri adalah kemurnian pikiran (chitta suddhi ). Kemurnian pikiran juga merupakan tujuan akhir mantra lain. Meskipun demikian chitta suddhi merupakan hasil langsung.

Meditasi Gayatri merupakan bentuk meditasi tertinggi yang terkenal dalam Weda. Gayatri diucapkan untuk mencapai kesadaran universal dan untuk membangkitkan kemampuan intuisi. Meditasi Gayatri menghancurkan khayal, menggiatkan prana menganugrahkan umur yang panjang, kesehatan, kecerdasan dan penerangan batin.

Mantra Gayatri merupakan kunci untuk membuka pintu kesadaran kosmik. Waktu yang terbaik untuk meditasi yaitu pagi hari tepat sebelum fajar dan sore tepat sebelum matahari terbenam. Duduklah menghadap ke Timur dan Utara dalam sikap padmasana, atau silasana, atau vajrasana, atau dalam sikap apapun lainnya yang menyenangkan bagimu. Duduklah di atas tikar yang telah dilapisi selimut wol dan sehelai kain katun (untuk mengisolasi tubuhmu dari tanah ). Setelah duduk dalam suatu sikap (yang pilih untuk meditasi), hindarkan gerakan yang tidak perlu.

Jagalah agar punggung, leher dan kepalamu tegak Jangan merasa takut. Duduklah dengan tekad yang bulat untuk menyadari kebenaran. Mantra Gayatri merupakan irama kosmik yang terdiri dari 24 suku kata dan diatur sebagai triplet. Setiap triplet memiliki 8 suku kata. Bila engkau mengulang-ulang Gayatri, renungkan arti mantra ini dan berdoalah mohon penampakan Ibu Gayatri.
· Mantra ini dipersembahkan kepada Tuhan sebagai cahaya dan Surya merupakan lambang cahaya tersebut.
· Mantra ini bersifat universal karena merupakan meditasi pada cahaya melalui Surya yanng sama bagi seluruh umat manusia.
· Mantra ini menganugrahkan kebijaksanaan, kemakmuran, kemurnian, dan kebebasan.
· Orang yang mengucapkan mantra Gayatri 108 kali setiap kali duduk akan segera memperoleh kecemerlangan.
· Orang yang mengulang mantra Gayatri 1008 kali dengan penuh bakti dan kesungguhan hati dalam setiap duduk, akan mencapai penerangan batin dalam 40 hari.
· Mantra Gayatri melenyapkan segala rasa takut.
· Mantra Gayatri merupakan pengobatan terbaik bagi segala penyakit.
· Mantra Gayatri menghancurkan karma dan memberkati kita dengan kebebasan.
Seluruh alam semesta timbul dengan kekuatan mantra Gayatri. Sesungguhnya segala ciptaan ini tak lain hanyalah manifestasi kekuatan Tuhan. Tiada yang lebih tinggi dari pada japa Gayatri. Tiada kekayaan yang lebih hebat dari pada mantra Gayatri. Siapa saja yang bermeditasi pada mantra Gayatri setiap pagi dan sore pasti akan diberkati dengan umur yang panjang, kesehatan yang baik dan ketentraman batin. Perkataannya menjadi berkat. Ia akan mencapai penerangan batin dan merupakan berkat yang besar bagi masyarakat dan dunia.

Walaupun mantra Gayatri yang suci diucapkan untuk mendapatkan terang tertinggi dari Tuhan, apa pun yang dimohon orang itu dalam nama Ibu Gayatri akan langsung terkabul. Gayatri menyembuhkan penyakit apa pun, fisik, mental, emosional, atau spiritual. Mantra Gayatri merupakan tubuh Tuhan. Karena itu, dengan terus menerus mengulang mantra suci ini, sadhaka akan mendapat darshan atau 'penampakan' Tuhan.

Kitab suci mengatakan bahwa puruscharana 'pengulang-ulangan doa suci' harus dilakukan paling sedikit 24.000 kali.
Mantra Gayatri mempunyai 24 suku kata. Karena itu mengulang mantra Gayatri 24.000 kali sangat baik dan bertuah.
Weda selalu menekankan diselenggarakannya puruscharana Gayatri dan yajna Gayatri untuk kedamaian individu, nasional dan internasional.

Semoga Gayatri, Ibu Jagat Raya, memberkati seluruh dunia dengan kedamaian rohani !

Om Sai Ram

Tidak ada komentar: