Kamis, 20 Maret 2008

TIP Kesehatan

Daun Kates / Don Gedang Lancarkan Sembelit
Selain membuat daging menjadi empuk, daun pepaya atau kates juga dapat digunakan untuk mengatasi sembelit. Caranya, rebus satu lembar daun kates dalam 2 gelas air hingga mendidih, tunggu sampai airnya surut menjadi 1 gelas. Biarkan rebusan tersebut menjadi ding­in, kemudian diminum sekaligus.
Pepaya (carica pepaya), baik daun maupun buahnya, terutama yang mengkal atau belum matang, mengandung enzim proteolitik (mencerna protein) papain dan kemopapain, sehingga daging yang dimakan mu­dah dicerna.

Wortel Usir Serangan Jantung
Hasil penelitian tim Florida University di Gainessville, AS, disebut­kan rajin makan wortel menyusutkan kadar kolesterol jahat, LDL se­cara siginifikan. Hal ini berpengaruh terhadap mengecilnya angka risiko stroke dan serangan jantung. Dibanding yang hanya menyantapnya kurang dari satu kali dalam sebulan, makan wortel lima kali seminggu masing-masing 1 1/2 batang (200 gram) dapat memangkas risiko stroke 68 persen. Setelah memakannya selama 3 minggu, risiko Se­rangan jantung pun ikut menyusut 22 persen. Selain itu juga dianjurkan tetap perlu menyantap sayuran lainnya, terutama yang berwarna.

Jus Dapat Bebaskan Gangguan Penyakit
DIET hanya meminum jus buah dan sayuran mempercepat pemulihan dari pe­nyakit serta regenerasi jaringan tubuh. Kan­dungan asam urat yang tinggi di dalam tu­buh juga berkurang dengan cepat berkat jus yang diminum. Sedangkan gula di dalam jus bermanfaat memperkuat jantung. Jus apel, misalnya, menurut para ilmuwan dari the Uni­versity of California Davis Madical Center, AS menemukan kalau jus apel dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah, sehingga tubuh terlindung penyakit jantung. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh British Ministry of Health & Public Service Laboratory, lnggris juga mema­parkan berbagai manfaat terapi jus. Menurut penelitian itu jus dapat mem­bantu menurunkan tekanan darah tinggi, penyakit ginjal serta obesitas. Hal ini didukung juga oleh penelitian para ahli dari Stanford University School of Medicine, Amerika Serikat yang menemukan kalau jus kol mentah bermanfaat untuk mengatasi gangguan penceranaan.

lnilah beberapa resep jus yang bisa dicoba untuk mengatasi bebe­rapa jenis penyakit:
Radang Sendi :
Dengan 300 ml jus wortel dan jus bayam 180 ml atau bisa juga dengan menggunakan jus wortel 180 ml, jus bit 90 ml, serta jus ketimun 90 ml.
Nyeri Punggung :
Dengan 300 ml jus wortel dan jus bayam 180 ml atau 200 ml jus Wortel, 120 ml jus peterseli ditambah 90 ml jus bayam.
Darah Tinggi :
Dengan 300 ml jus wortel ditambah jus bit 90 ml serta ketimun 90 ml.
Diare :
Dengan 200 ml jus wortel, 120 ml jus seledri, 60 ml jus peterseli ditambah 90 ml jus bayam.
Diabetes :
Dengan 200 ml jus wortel, 120 ml jus seledri, 60 ml jus peterseli dan 90 ml jus bayam.

MENGATASI BATUK
· 25 gram jamur putih kering, 75 gram jali (keduanya direndam hingga lembut), dan 15 gram kulit jeruk manda­rin kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum air re­busannya, sedangkan jamur putih kering dan jalinya dapat dimakan.
· 250 gram oyong segar dipotong­-potong, lalu direbus dengan air sec­ukupnya. Setelah itu, peras oyong tersebut, lalu minum air perasan tadi.
· 30 gram sambiloto segar direbus dengan air secukupnya. Saring dan tambahkan madu secukupnya, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.
· 15 lembar daun sirih direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu setengah gelas. Setelah itu, airnya diminum bersama madu. Lakukan 3 kali sehari.
· 60-90 gram pegagan segar direbus, lalu diperas. Airnya diminum.
· 15 gram daun dewa segar direbus dengan 600cc air hingga tersisa 300 cc, lalu diminum.
· 10 gram bunga ros / mawar dan gula batu dibuat tim, lalu diminum.
· 30-60 gram patikan kebo segar di­rebus, lalu diminum.

MENGATASI INFLUENZA
· 2 batang daun bawang putih di­tambah 2 ruas jari jahe direbus deng­an air secukupnya, lalu diminum.
· 90-420 gram buah belimbing manis segar dijus, lalu diminum.
· 30-60 gram tanaman sawi tanah Se­gar dan 10-15 gram bawang putih direbus dengan air secukupnya. Sete­lah disaring, air rebusannya diminum.
· 15 gram sambiloto kering dijadikan bubuk. Seduh dengan air panas secu­kupnya, lalu diminum. Lakukan 3-4 kali sehari.

MENGATASI ASMA
· 1 buah bawang bombai dipotong-­potong, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah itu, air rebusannya diminum dan bawang bombainya dimakan.
· 3 ruas jari jahe dipotong-potong, lalu diseduh dengan air panas secu­kupnya. Setelah itu, diminum.
· 10 kuntum bunga kenop direbus dengan air secukupnya lalu air rebu­sannya diminum.
· 15 gram bunga melati dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan­nya 2 kali sehari, sebanyak ½ gelas setiap kali minum.
· 60 gram rumput jukut pendul segar dicuci bersih, kemudian direbus de­ngan 3 gelas air hingga tersisa 1 ge­las. Setelah disaring, air rebusannya diminum untuk dua kali.

Tidak ada komentar: