Rabu, 12 Maret 2008

Serombotan

S E R O M B O T A N
Serombotan adalah salah satu jenis lauk pauk yang terbuat dari campuran dari beberapa jenis sayuran seprti kangkung, bayam, buncis, tauge, buah kacang panjang, kecipir dan terong dengan bumbu. Serombotan dibuat untuk hidangan, dimakan sebagai teman nasi dan di jual.
BAHAN :
Kangkung 2 ikat
Bayam 2 ikat
Buncis 100 g
Tauge 250 g
Kacang panjang 2 ikat
Kecipir 4 ikat
BUMBU
Sambal Kelapa :
Kelapa 0,5 butir
Bawang putih 4 siung
Cabai besar 2 buah
Cabai kecil 2 buah
Terasi secukupnya
Kencur secukupnya
Lengkuas 3 iris
Sambal Koples :
Cabai 10 buah
Terasi secukupnya
Garam secukupnya
Kacang tanah 50 g
Jeruk limo 1 buah
Minyak kelapa secukupnya
CARA PEMBUATAN :
Sambal kelapa dibuat sebagai berikut :
Daging kelapa diparut, kemudian disangrai. Bahan sambal kelapa lainnya digiling sampai halus. selanjutnya semua bahan sambal dicampur sehingga diperoleh sambal kelapa.
Sambal koples (sambal encer) dibuat sebagai berikut :
Terasi dipanggang dan kacang tanah digoreng. Semua bahan-bahan lainnaya ditambah dengan terasi panggang dan kacang tanah goreng digiling sampai halus. Selanjutnya ke dalam hasil gilingan tersebut ditambahkan dengan sedikit minyak kelapa dan jeruk limo dan air agar campuran bumbu menjadi agak encer. Selanjutnya semua jenis sayuran sebagai bahan serombotan masing-masing direbus didalam air mendidih sampai matang. setelah matang ditiriskan sambil disiram dengan air dingin. Setiap jenis sayuran setelah dingin dipotong-potong. Bila serombotan mau dihidangkan maka setiap jenis sayuran yang telah dipotong-potong diambil dengan jumlah yang hampir sama, selanjutnya diberi sambal kelapa dan sambal koples secukupnya, terus dicampur dan diaduk. Serombotan siap dihidangkan bersama nasi.

Tidak ada komentar: